Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kalender Tanam
Hasil Lipi
Bank Padi
Sinar Tani
E-Produk
Layanan Online Alsin
phsl
Info Pasar
Ulat Bulu


Temu Lapang Inovasi Teknologi Pertanian di Kabupaten Tanah Datar PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 17 Oktober 2014 12:02

Kegiatan Temu Lapang, Inovasi Teknologi Pertanian berupa Panen Perdana Perbanyakan Benih Padi Sawah dengan sistem Teknologi Salibu dilaksanakan Selasa, 14 Oktober 2014 di Kec. Sungai Tarab, kabupaten Tanah datar. Kegiatan tersebut, berlangsung di hamparan sawah Kelompok Tani Sawah Batu dengan Varietas Padi Inpari 21. Panen perdana dilakukan oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah dan dihadiri dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Ka. Dinas Pertanian Tanah Datar dan Ka. BPTP Sumatera Barat (Sumbar).

Setelah panen perdana, dilakukan demonstrasi penggunaan alat mesin pertanian Padi Mower dan Tresher Lipat Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan pertama, oleh Ka. BPTP Sumbar (Dr.Ir Hardiyanto,MS) yang menyampaikan tentang rangkaian kegiatan Pekan Agro Inovasi Badan Litbang dalam rangka, peringatan 40 tahun Badan Litbang Pertanian. BPTP Sumbar melakukan beberapa rangkaian acara di antaranya Temu Lapang di Sungai Tarab yang sedang berlangsung, kemudian dilanjutkan dengan Open House Gelar Teknologi 21 Oktober 2014 di Kantor BPTP Sukarami Solok dengan rangkaian kegiatan peresmian Taman Agro Inovasi dan pengukuhan Komda Sumber Daya Genetik (SDG) oleh Gubernur Sumbar, penandatanganan MoU kegiatan dengan Bupati/Walikota dan Gelar Teknologi Badan Litbang Pertanian. Dilanjutkan dengan Temu Teknis Peneliti-Penyuluh Pertanian pada 22 Oktober 2014 di Kantor Sukarami Solok. Harapan BPTP Sumbar agar kegiatan Diseminasi Teknologi Salibu yang awalnya dari Tanah Datar bisa dilanjutkan ke daerah lainnya. Untuk kegiatan T.A 2015 berupa perbanyakan benih unggul dan kegiatan Teknologi Salibu memperbaiki sisi lemah di bidang scientifiknya.

Sambutan selanjutnya oleh Ka.Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar yang disampaikan Ka.Bid. Tanaman Pangan (Ir. Elviana Anwar) yang mengatakan tentang tempat diadakannya Temu Lapang ini adalah kawasan Padi Sungai Tarab seluas 5000 Ha, sampai ke daerah Sungayang dan Limo Kaum. Kegiatan pembinaan dari Dinas terkait untuk komoditas padi di Sungai Tarab cukup lengkap, mulai dari pra tanam sampai menghasilkan beras berkantong. Kegiatan tersebut semata-mata guna meningkatkan pendapatan petani. Acara selanjutnya adalah penyerahan benih padi unggul kepada Pemerintah Daerah Tanah Datar yang diterima oleh Sekda Tanah Datar.

Acara diskusi dimoderatori oleh Ir. Rum Syah, pertanyaan pertama disampaikan oleh H. Muhammad Yasin dari Sungai Tarab menyampaikan tentang kelangkaan pupuk dan ketiadaan koperasi tani penyalur pupuk bersupsidi. Pertanyaan kedua disampaikan Asmayulis dari kelompok Tani Sungai Jambu, menyampaikan tentang kerjasama dengan BPTP Sumbar semenjak tahun 2000 dan teknologi padi Jajar Legowo sudah biasa dilaksanakan petani di lahan mereka sedangkan teknologi padi Salibu belum maksimal diterapkan  dan perlu bimbingan lebih lanjut dari BPTP Sumbar. Tanggapan atas pertanyaan tersebut disampaikan oleh Ir. Elviana Anwar dengan menyampaikan di semua kecamatan sudah ada penangkar benih padi. Untuk kegiatan T.A 2015 akan ada pengadaan benih padi bersubsidi. Untuk kebutuhan pupuk sudah bisa ditanggulangi dengan pembuatan RDK dan RDKK. Tanggapan juga disampaikan oleh Ka. BPTP Sumbar yang  mengapresiasi kesadaran petani dalam menggunakan benih padi bermutu dan butuh penguatan lembaga penangkar benih padi mandiri desa. Pengadaan benih bermutu BPTP Sumbar memiliki unit UPBS. Diseminasi teknologi Salibu bisa melalui penyuluh pertanian dengan memahami teknologi Salibu dengan benar sehingga penyuluh pertanian bisa mendampingi petani di lapangan.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com