Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com


Roadshow ke KP Bandar Buat dan Labdiseminasi 8 April 2014 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 17 April 2014 13:58

Kepala Balai, Ketua Unit dan Tim  Pembina Kebun  Percobaan (KP) BPTP Sumbar  mengunjungi KP Bandar buat dan Labor Diseminasi Padang pada hari Selasa tanggal 8 April 2014.  Pertemuan tersebut dipimpin   angsung oleh Kepala Balai Dr. Ir. Hardiyanto, MSc  dengan pemandu acara Kasubag TU  Ir. Artuti AM. MS. Kegiatan roadshow ini bertujuan selain untuk bersilaturrahim, juga melihat perkembangan, potensi dan masalah yang ada di Kp Bandar Buat dan Labor Diseminas Padang.

Ir. Zulifwadi kepala KP Bandar buat menyampaikan program/kegiatan dan masalah KP  diantaranya; KP Bandar Buat sedang melakukan produksi benih padi sawah varietas IR 42 dan Anak Daro kelas BS ke BD. Informasi dari Kepala KP Bandar Buat tidak bisa melaksanakan sistem Legowo 2.1 karena banyak hama keong mas sedangkan lahan sulit diatur tata airnya ; akan menanam pohon Alpokat dan  Pepaya disepanjang jalan;  Kepala KP juga mengusulkan tambahan dana untuk memperbaiki air PAM karena pipanya bayak yang bocor, memperbaiki kolam ikan agar bisa dimanfaatkan untuk KRPL, dan memperbaiki gudang yang belum bisa dimanfaatkan.Total  luas lahan KP bandar buat 1,3 ha, termasuk sawah, bangunan dan pekarangan.

Kepala BPTP Sumbar Dr. Ir. Hardiyanto, MSc  dalam arahannya menyampaikan bahwa perhatian Balai terhadap KP-KP dan Labdis sama hanya dana/anggaran porsinya berbeda. KP dan Labdis secara fungsional berada dibawah Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian(KSPP), secara aset dan administrasi berada dibawah Tata Usaha. Beliau juga menyampaikan beberapa  Fungsi Kebun Percobaan  diantaranya untuk pengkajian, Visitor plot, UPBS, SDG dan PNBP serta tempat Agrowisata. Menurut Kabadan Litbang Pertanian dalam kunjungannya ke KP Bandar Buat tanggal 31 Maret 2014  menyatakan” dengan luas lahan yang hanya 1,3 ha seperti ini hanya bisa dijadikan tempat perbenihan. KP Bandar Buat rencananya akan dijadikan tempat latihan Penangkar Benih.

Tim Pembina Kebun memberikan saran antara lain KP Bandar Buat membuka klinik Agribisnis, Kerjasama dengan CSR PT Semen Padang dalam rangka pemberdayaan Masyarakat sekitar KP/kecamatan Lubuk Kilangan, akan melakukan pemuliaan benih beras merah dari sijunjung, Plang merek kebun dan mess dibuat agak besar sesuai standar Badan Litbang Pertanian.

Ir Rifda Roswita (Kepala Labdiseminasi Padang) menyampaikan pemanfaatan pekarangan sudah berjalan dengan menanam buah-buahan dan KRPL, dan sudah ada kerjasama bibit buah-buahan dengan Balitbutropika semenjak tahun 2012. Permasalahan  yang dihadapi disini adalah kurangnya  Sarana dan Prasarana untuk melaksanakan perakitan materi diseminasi  serta SDM  yang lemah.

Kepala BPTP Sumbar meapresiasi Labor Diseminasi yang sudah berjalan dengan baik, karena Labor Diseminasi  merupakan show window dari BPTP Sumbar . Kepala Balai juga menyarankan jika sudah ada produk dari kegiatan MKRPL dan screen house sebaiknya Pasar Tani sudah dibuka pada hari Sabtu dan Minggu.  Semua dokumentasi baik tertulis maupun dalam bentuk foto kunjungan masyarakat ke Labor Diseminasi Padang. (Administrator)

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com