Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
phsl
Kalender Tanam
Info Pasar
Sinar Tani
Ulat Bulu
E-Produk
Hasil Lipi
Bank Padi
Layanan Online Alsin
Temu Lapang Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi ( MP3MI ) di Pasaman Barat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 20 Maret 2013 07:36

MP3MI Pasaman BaratIntegrasi  Sawit, jagung, Sapi, sebagai Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi ( MP3MI )  yang diimplementasikan di kelompok tani Sejahtera 2, jorong  Mahakarya, Kabupaten Pasaman Barat meperlihatkan hasil menggembirakan, Inovasi teknologi utama integrasi seperti pengolahan pakan dari pelepah sawit, pemberian solid, teknologi pembuatan kompos, dan pengolahan urine  telah dirasakan manfaatnya oleh anggota kelompok bahkan  telah mulai meluas ke nagari lain seperti Sasak. Pasaman dan Kinali. Hal ini diungkapkan oleh  Suparman ketua kelompok tani Sejahtera 2  pada acara Temu Lapang  dan Peragaan Teknologi yang diselenggarakan oleh BPTP Sumbar dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, di daerah peternakan sapi milik kelompok tani, pada tanggal 14 Maret 2013. Ketua kelompok ini sangat berterima kasih atas pembinaan dan pendampingan teknologi dari BPTP Sumbar. sehingga seluruh anggota telah mahir mengolah kotoran yang selama ini terbuang percuma menjadi kompos yang sangat berguna, urine yang menyebarkan bau tak sedap sekarang  dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik.

Dalam kesempatan tersebut Dr.Ir.Hardiyanto,MSc Kepala BPTP Sumatera Barat mengatakan bahwa BPTP sebagai  penyedia inovasi spesifikasi lokasi  untuk  mendukung  pembangunan pertanian didaerah melalui pendampingan inovasi teknologi, seperti pendampingan SL-PTT,dan MKRPL diseluruh daerah Tk II serta MP3MI di Kab. Pasaman Barat dan Kab. Padang Pariaman. Selanjutnya beliau mengharapkan agar MP3MI dengan kegiatan integrasi jagung dan sawit dengan sapi di Jorong Mahakarya Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nanduo Kabupaten Pasaman Barat bias menjadi contoh sebagai visitor plot bagi pelaku agribisnis baik didaerah Kabupaten Pasaman Barat maupun daerah kabupaten induk. Kelompok peternak memprioritaskan dan meningkatkan kemampuan serta keahlian agar kegiatan MP3MI ini tetap bias berjalan secara berkesinambungan. Sementara itu Ir. Edi Mawardi  penanggung jawab kegiatan melaporkan secara ringkas tentang inovasi  teknologi yang diintroduksikan pada kelompok mendapat apresiasi  dari pemerintah daerah kabupaten Pasaman Barat, bahkan pada tahun 2013 ini direncanakan akan direplikasikan pada 13 kelompok yang memperoleh bantuan sapi tahun 2012 lalu.

MP3MI Pasaman BaratKepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan Gus eriwarman dan Kepala Badan Penyuluhan Gustiwarman juga mengapresiasi  kerja BPTP Sumatera Barat yang telah mengenalkan MP3MI di Pasaman Barat hingga berhasil. Kedepannya mereka mengharapkan tidak hanya MP3MI saja tapi kawalan teknologi untuk pengembangan jeruk Pasaman  mengharapkan teknologi untuk pengembangan jeruk Pasaman yang sekarang tinggal nama. Terkait teknologi integrasi sawit, jagung dan sapi yang sudah mulai berkembang ditengah petani, kepala Badan Penyuluhan berharap untuk selalu mengembangkan teknologi yang diintroduksikan.

Selain ekspose kegiatan, juga diadakan peragaan teknologi pembuatan pakan, pengolahan kompos dari kotoran ternak  serta  urine sapi menjadi pupuk cair organik yang diikuti seluruh perwakilan kelompok penerima bantuan sapi di Sumatera Barat. (zulrasdi)

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com