Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
phsl
Kalender Tanam
Info Pasar
Sinar Tani
Ulat Bulu
E-Produk
Hasil Lipi
Bank Padi
Layanan Online Alsin
Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Semester II TA 2012 di Bukittinggi PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 20 Januari 2012 10:55

Hari ini Senin, 16 Januari 2012 di Aula Hotel Pusako Bukittinggi dilaksanakan pembukaan acara Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian yang dilaksanakan oleh  Sekretariat  Wilayah Sumatera Barat (BPTP Sumbar). Workshop dimulai dari tgl 16 – 20 Januari-2012, peserta berjumlah  140 Satker (diadakan 2 gelombang), gelombang 1 mulai tgl 16-18) dan gelombang 2 dimulai 18-20/1/20012 yang terdiri dari 114 satker Kabupaten/Kota, 20 orang dari pusat pusat dan daerah (Irjen, PSP, Dirjenbun Biro KP, DJPBN, KPKNL, KPPN, BPKP Wilayah) serta 10 orang dari BPTP Sumatera Barat sebagai panitia pelaksana.

Berdasarkan pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Negara No 171 tahun 2007 setiap Kementerian Negara/Lembaga Wajib menyelenggarakan SAI untuk menghasilkan laporan keuangan dan SAI terdiri dari SAK, SIMAK-BUM, dan SA-BAPP. Untuk melaksanakan SAI Kementerian Negara/Lembaga wajib membentuk Unit Akuntansi yang terdiri dari UAPA/UPPB-EI, UAPPA/UPPB-W dan UAKPA/UPKPB,  verifikasi dan review penyusunan Laporan Keuangan  di tingkat wilayah perlu diselenggarakan workshop.

 

Workshop bertujuan untuk  meningkatkan  kwalitas LK (Laporan Keuangan) Kementan sehingga merubah opini  WDP (Wajar Dengan Pengecualian) menuju WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)  dengan sasaran : 1) Tersusunnya  Laporan Keuangan Tingkat Satker dan Wilayah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 2) Tersusunnya Laporan Keuangan  (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP) dari Satker Kabupaten/Propinsi   3). Tersusunnya Laporan Keuangan tingkat wilayah.

Dalam sambutan H.Zarwisman, SE,MM, mewakili Kepala Biro Keuangn dan Perlengkapan melaporkan temuan-temuan BPK dan  menghimbau agar semua pihak yang terkait memperbaiki kekurangan  sekaligus melakukan review  semua laporan  yang sudah dibuat oleh satker  dalam waktu 5 hari ini.

Selanjutnya Dr.Ir. Prama Yufdy, MSc sebagai Ketua Sekretariat Wilayah Sumatera Barat dalam sambutannya dalam pembukaan  acara Workshop menyatakan, Sumatera Barat adalah salah satu  unit wilayah  dari Kementerian Pertanian yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Untuk penyusunan laporan keuangan semester II (Tahunan) TA 2011 , dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu verifikasi, review Irjen serta penyerahan Arsip Data Komputer dan Verifikasi dengan wilayah.

Pada TA 2012 ini tercatat 52 satker inaktif  dimana sebanyak 14 satker membawa asset. Hal ini menambah daftar satker inaktif membawa asset yang belum terselesaikan selama tahun 2011 yang lalu sebanyak 48 satker. Untuk itu  dimohon agar satker inaktif lebih proaktif melakukan penginventarisasi asset yang dibawa dan segera melakukan serah terima ke satker terdekat atau satker dekonsentrasi di Provinsi serta melaporkan  ke eselon I bersangkutan.

Terakhir workshop penyusunan laporan keuangan ini berjalan dengan baik berkat kerja keras semua pihak  untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian pertanian di TA 2011 menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), (Aryawaita)

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com