Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Hasil Lipi
Bank Padi
Layanan Online Alsin
phsl
Kalender Tanam
Info Pasar
Sinar Tani
Ulat Bulu
E-Produk
Teknologi Pembibitan Dan Budidaya Kakao PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 12 Agustus 2008 17:27

Kakao saat ini merupakan salah satu komoditas unggulan Sumatera Barat di samping karet dan kelapa sawit. Pemda sudah bertekad untuk menjadikan Sumbar sebagai salah satu daerah sentra produksi kakao di Indonesia bagian barat, sebagaimana dicanangkan oleh Wakil Presiden pada tahun 2006 yang lalu. Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu sentra produksi kakao di Sumbar.

     Luas per tanaman kakao di Kabupaten Padang Pariaman pada akhir 2006 mencapai 4.563 hektar dan sampai tahun 2010 luas tanam kakao di kabupaten ini ditargetkan menjadi 20.000 hektar.

     Mendukung tekad pemerintah daerah tersebut, di kawasan Prima Tani Padang Pariaman, inovasi teknologi yang dilakukan adalah pembibitan dan budidaya kakao. Benih kakao dan tenaga ahlinya didatangkan dari PPKKI (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia). Teknologi pembibitan kakao meliputi: (1) varietas kakao hibrida,  (2) pendederan (perkecambahan) benih dengan media karung, (3) penggunaan polibeg berukuran 24 x 18 cm, (4) penyiapan media tumbuh tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1, (5) perlakuan benih dengan fungisida Rhidomil, dan (6) penyiapan bedengan pembibitan standar.

     Inovasi teknologi budidaya kakao meliputi teknik bertanam dan pemeliharaan tanaman yang mencakup pemangkasan dan pemupukan. Teknologi pemeliharaan tanaman dilakukan pada tanaman kakao petani yang sudah mulai berbuah. Ishak Manti
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com